Dreaming in حلالا way. . .

Halaman

Cari Blog Ini

Apa sih artinya?

Selasa, 04 Juli 2017

TULISAN



Memilah apa yang layak kita tulis. Semenjak beberapa hari lalu, saya baru sadar, apa yang kita tulis ternyata sangat mempengaruhi banyak hal dalam kehidupan. Betapa besar pengaruh sebuah tulisan bagi para pembaca yang mungkin sebelumnya sudah mengikuti tulisan kita. Seperti halnya para penggemar buku dari penulis-penulis terkenal dunia ini. Tanpa sadar, tulisan-tulisan itulah yang akan mempengaruhi jiwa dan kepribadian para pembaca.
Beberapa hari yang lalu ketika saya berkunjung di salah satu toko buku kota, saya melihat seorang penulis yang tidak diragukan lagi kualitas dan keindahan tulisan di dalam buku-bukunya. Saya juga sangat mengagumi penulis itu dalam merangkai kata demi kata menjadi tulisan yang apik hingga menyentuh rasa ketika dibaca. Tak pelak, banyak sekali pengunjung yang memadati acara meet and greet tersebut. Hal ini menunjukkan betapa seorang penulis memiliki pengaruh yang besar untuk menyebarkan pemikirannya kepada para pembaca yang sudah bertahun-tahun mengikuti tulisannya. Hingga sampailah saya pada suatu kesimpulan bahwa, pikiran yang kita tuangkan dalam tulisan itulah yang hendaknya diluruskan.
Mungkin sebagian dari kita kita sibuk menulis beberapa cerita yang dibumbui kisah cinta remaja penuh romantisme dan angan-angan kosong tentang kekasih pujaan hati dan cinta bertepuk sebelah tangan.-begitu pun dengan saya dahulu-. Rasanya tema cinta menjadi salah satu topik tulisan yang tak lekang oleh jaman. Benar saja, berdasarkan pengalaman saya saat membaca dan menulis beberapa tulisan, akan lebih mudah menuangkan perasaan dalam tulisan kita, menjadi sebuah rangkaian kalimat yang indah dan menyentuh jiwa, seperti gombalan-gombalan cinta yang mungkin sudah umum kita dengar selama ini ya. Namun tak sedikit yang sibuk mengisi ceritanya dengan perjuangan memperjuangkan kehidupannya baik dalam urusan karir, pendidikan, dan lain-lain
Mungkin kita tak menyadari dampaknya secara langsung saat ini juga. Tetapi, seiring berjalannya waktu, Ketika Saat ini kita sedang menulis cerita. Anak-anak dan murid-murid kita kelak mungkin akan bertanya tentang semua itu. Mungkin, kelak kita akan sibuk memilah mana cerita yang akan kita sampaikan. Mungkin kita pula tidak bisa menceritakannya karena tidak ada cerita yang menarik dan bijak, sehingga kita terpaksa membuat cerita karangan. Mungkin kita akan tersenyum antusias dan menanyakan kembali kepada anak-anak kita, cerita mana yang ingin mereka dengar.
Saat ini kita sedang menulis seluruh jenis cerita dan tulisan. Cerita itu sedang berjalan sehinga bisa menjadi pembelajaran bagi anak-anak dan mungkin murid-murid kita kelak. Kita harus menjadi lebih bijaksana dengan apa yang kita ucap dan tulis. Karena merekalah yang berhak mendapatkan pembelajaran hidup yang benar tanpa mengulangi kesalahan yang sama.
Sehingga, lambat laun saya mulai menyadari pasca hijrah ini, bahwa proses hijrah tidak hanya menyangkut perubahan pakaian dan perilaku saja. Namun, hijrah juga tentang bagaimana kita menghasilkan karya yang bermanfaat, karya yang lahir dari pikiran-pikiran yang jernih dan tidak haram tentunya. Begitu pun dengan tulisan, akan sangat disayangkan jika tulisan kita pun tidak ikut berhijrah sebagaimana niat penulisnya.
Dan sekarang saya baru sadar, betapa pentingnya memilah apa yang layak kita tulis. Tak lain dan tak pelak adalah untuk menghindari pemaknaan buruk dari pembaca kita. Tujuan lain adalah agar kita bukan termasuk orang yang menyampaikan tulisan-tulisan yang tak berfaedah. Jangan sampai orang lain terpengaruh konten tulisan yang sebenarnya tidak baik namun terkesan menarik dan melenakan perasaan karena keindahan majas dan diksinya. Jadikan tulisan kita tulisan yang bermanfaat, tulisan yang mengandung nilai-nilai moral dan pesan kebaikan.
Semangat menulis yaa J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar